Kumpulan Peribahasa Bahasa Jawa Dan Artinya

Kata Bijak Pepatah Jawa merupakan kumpulan peribahasa jawa yang bisa dijadikan referensi. Kumpulan berbagai pepatah bahasa jawa yang kuno, dan ada artinya. Ada yang berhubungan dengan cinta bahkan ada yang lucu juga…  sebagai bangsa Indonesia kita harus melestarikan kebudayaan leluhur kita, dan salah satu kebudayaan yang mungkin harus kita lestarikan adalah pepatah dari beragam bahasa, kata kata bijak untuk kita semua dimana pun kita berada, tak peduli itu suku apa pun. dan mungkin juga dari daerah lain di Indonesia ini juga memiliki kumpulan pepatah atau Kata Bijak dalam bahasa daerah masing masing. karena negeri ini kaya akan adat dan bahasa sehingga kolektifitas bahasa dan sastra pun beraneka ragam. Yang terpenting semua itu memiliki tujuan yang baik dan bisa menjadi sarana pemersatu bangsa dalam satu naungan Bhineka Tunggal Ika

Kata Bijak Pepatah Jawa ini memang bukanlah yang terbaru atau karya terbaru, melainkan hasil arrangement ulang pribahasa atau pepatah jawa kuno. Namun demikian pepatah jawa ini masih patut dan layak untuk dibaca dan dicermati untuk pedoman hidup dan juga melengkapi kesusastraan Bahasa kita.


  1. Mburu uceng kelangan dheleg - Artinya ketika mencari yang kecil justru kehilangan yang lebih berharga.
  2. Esok dhele sore tempe - Artinya orang yang mudah terbawa angin dan tidak punya pendirian.
  3. Cecak nguntal cagak - Artinya suatu keinginan yang tidak seimbang dengan kekuatan.
  4. Cincing-cincing mekso klebus - Artinya maunya irit tapi boros.
  5. Koyo banyu karo lengo - Artinya orang yang tidak bisa rukun dan akur.
  6. Diwenehi ati ngrogoh rempela - Artinya orang yang tidak bersyukur ketika diberi.
  7. Emban cindhe emban siladan - Artinya orang yang pilih kasih dalam memberi atau membela.
  8. Ojo Keminter Mundak Keblinger, Ojo Cidra Mundak Ciloko - Artinya Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah; Jangan suka berbuat curang agar tidak celaka.
  9. Ojo Adigang, Adigung, Adiguna - Artinya Jangan sok kuasa, sok besar, sok sakti
  10. Ojo Milik Barang Kang elok - Artinya Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, indah
  11. Aja Mangro Mundak Kendo - Artinya Jangan berfikir mendua agar tidak luntur niat dan semangat.
  12. Kegedhen empyak kurang cagak - Artinya punya cita cita yang besar tetapi tidak punya kemampuan yang cukup.
  13. Milih milih tebu oleh boleng - Artinya terlalu banyak pertimbangan yang akhirnya justru mendapat yang tidak baik. 
  14. Kakehan gludug ora udan - Artinya orang yang banyak bicara tetapi hasilnya tidak tampak.
  15. Iso nembang, ra iso nyuling, Iso nyawang ra iso nyanding. - Artinya Hanya bisa mengagumi seseorang tapi tidak bisa bersama
  16. Ojo Gumunan, Ojo Getunan, Ojo Kagetan, Ojo Aleman - Artinya Jangan mudah terheran-heran; Jangan mudah menyesal; Jangan mudah terkejut-kejut; Jangan mudah kolokan atau manja. (Jadi jika ingin sukses anda harus giat dan pantang menyerah dan jangan cepat puas.)
  17. Gusti Allah ora sare.- Artinya Tuhan tak pernah tidur  (jadi segala perbuatan kita dan semua yang terjadi di dunia ini tak pernah luput dari pengamatan Yang Maha Kuasa) 
  18. Ojo Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman - Artinya Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi.
  19.  Ngono yo ngono ning ojo ngono. - Artinya Kita boleh saja berperilaku sekehendak kita, tetapi jangan sampai berlebihan. 
  20. Ngalah, ngalih, ngamuk - Artinya Mengalah dahulu, terus menghindari masalah, bila tidak bisa baru dihadapi dengan kekerasan. inilah prinsip yang seharusnya dipegang teguh satria yang sabar - hati hati dengan orang seperti ini. 
  21. Ojo Kuminter Mundak Keblinger, Ojo Cidra Mundak Cilaka - Artinya Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah;Jangan suka berbuat curang agar tidak celaka
  22. Surga manut neroko katut. - Artinya kehidupan kelak seorang istri ditentukan dari baik-buruknya agama suaminya.
  23. Wani ngalah, luhur wekasane.- Artinya terkadang mengalah itu lebih baik, untuk kepentingan bersama
  24. iro yudho wicaksono - Artinya satria yang berani berperang membela kebenaran dengan didasari kebijaksanaan - sebuah nama yang bagus untuk sebuah harapan yang baik
  25. Ojo Milik Barang Kang Melok, Ojo Mangro Mundak Kendo - Artinya Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, indah; Jangan berfikir mendua agar tidak kendor niat dan kendor semangat.
Kata Bijak dari Pepatah Jawa semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi atau nasehat untuk kita yang sedang membutuhkan nasehat hidup agar hidup terus bersemangat dalam situasi apa  pun


Please Bantu Saya, Like This !!!

×

Please Bantu Saya, Like This !!!

×

Labels

air (4) airmata (3) aku (2) allah (12) anak (5) angin (2) api (1) arti (22) arti bahasa jawa (27) artis (4) asa (9) asmara (22) ayah (3) bahagia (3) bahasa (22) bahasa jawa (24) bangkit (3) batu (3) berjuang (3) binatang (1) budaya (15) budaya jawa (14) bulan (1) bunga (2) canda (4) cerita (7) Chairil Anwar (5) cinta (66) damai (1) derita (1) doa (10) duka (9) dunia (9) elang (1) film (1) gadis (1) galau (22) gila (1) hakiki (3) harapan (5) hari (4) hati (59) hatiku (3) hidup (12) hidup. puisi hati (6) hujan (7) ibu (6) ikhlas (4) ilalang (1) indah (2) indonesia (27) istri (2) jakarta (1) jalaludin rumi (15) jalan (2) jalang (1) janji (5) jawa (28) jiwa (25) kangen (1) kasih (2) kata (44) kata bijak (25) kawin (1) kekasih (4) kenyataan (4) kisah (8) kopi (1) kota (1) kumpulan bahasa (22) langit (1) lara (1) laut (5) lelaki (16) luka (6) maaf (1) madura (1) malam (4) manusia (29) masjid (3) matahari (2) mati (5) melukis (1) mimpi (3) mutiara (6) nafas (1) nama (6) narasi (1) nasehat (10) nasib (1) nasihat (10) neraka (2) orang (5) orang miskin (1) pagi (6) pantai (2) pasir (2) penjara (3) peribahasa (20) peribahasa sunda (13) puisi (47) puisi hati (69) pulang (1) rabiah al adawiyah (15) rahasia (1) rasa (16) rembulan (2) rindu (19) rokok (2) rupiah (1) sahabat (17) sajak (21) sang pencipta (11) sedih (1) sejak (2) sejati (2) sempurna (1) senja (2) senyum (8) seorang (2) sepi (1) siang (1) sketsa (1) suci (1) suka (5) sunda (6) sunyi (1) sunyi. cinta (1) surat (2) surga (3) syair cinta (14) syariful alim (45) tanah (1) tangis (11) tawa (8) terbang (2) tuhan (38) tujuan (1) usaha (7) W.S Rendra (3) wajah (1) waktu (2) wanita (23)